Mengendalikan Mood

Mood yang suka swing sesuka hati itu alias berubah ubah itu, ternyata bisa dikendalikan lho. Cung, siapa yang moody?. Tinggal di manapun ketika kita berinteraksi dengan orang lain, sudah dipastikan akan memunculkan yang namanya persinggungan, ujung-ujungnya apalagi kalau bukan bikin Kita jadi uring-uringan alias mood moodan.

Tapi, jangan khawatir karena yang namanya mood ternyata bisa dikendalikan. Saya pernah, baru pulang dari aktivitas yang memakan waktu seharian, begitu sampai rumah kondisinya kayak kapal pecah, rupanya si kecil habis main, ngajak sepupunya main habis itu ndak diberesin. Belum kelar puyengnya, si sulung ngabarin ada tugas sekolah mendadak yang harus dibawa esok, padahal waktu itu sudah sore.😭😭

Nyerah?..nggak laah. Marah? Pastinya, tapi sebisa mungkin kemarahan itu disalurkan pada tempatnya. Lantas, gimana caranya?

Pertama, jangan lupa langsung istighfar, exhale-inhale alias tarik napas dalam dalam lalu hempaskan perlahan. Kedua, ambil wudhu sekalian persiapan sholat kalau mendekati waktu sholat 5 waktu. Ketiga, biasanya saya bergerak menyibukan diri, sambil melakukan afirmasi positif agar hal-hal negatif tadi bisa diubah menjadi potensi dan kita ganti sudut pandang menjadi Hal yang menyenangkan. Misalkan, rumah berantakan anggap saja warning buat Kita agar terus menjaga kebugaran biar keluar keringat saat bergerak beresin rumah. Keempat, mencoba melist mana saja yang bisa diselesaikan, dan dikerjakan pelan-pelan.

Terakhir, jangan lupa selalu hadirkan Allah dalam segala hal. Apapun yang Kita lakukan, semua semata karena Allah. Ikhlas menjadi istri, orang tua dan ibu. Kalau di dunia luar semisal di ibu-ibu arisan? Atau pertemuan orang tua murid? Ya sama, Kita anggap semuanya sebagai sesama saudara yang harus kita jaga perasaanya, mereka juga manusia yang perlu kita hargai keberadaanya, Dan kalau muslim perlu saling mengingatkan agar senantiasa ada dalam hal kebaikan dan Taqwa. Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s